Cara Lihat Nyali Ayam Jago

ayam11Setiap ayam jago pasti memiliki jengger, jengger pada ayam juga beragam bentuknya, ada yang kasar, halus, lebar, berbentuk bunga mawar, nyumber dan berbagai bentuk lainnya. Dari bentuk-bentuk tersebut, dianggap bahwa bentuk jengger blangkon mirip topi jawa memiliki mental yang bagus.

Bentuk jengger blangkon ini mempunyai ujung jengger yang belakangnya lebih panjang daripada yang menempel pada kepala. Tetapi sampai ujung masih kelihatan seolah-olah  menempel di kepala. Selain itu juga memiliki mental yang bagus, juga harus lentur. Tak kaku walaupun bentuk jenggernya cukup besar. Mengenai motifnya bisa berbentuk bunga maupun rata tidak ada masalah. Cuma kalau rata dan besar kadang sulit dipatuk lawan. Sementara jengger yang berbentuk kecil maupun yang berbentuk bunga akan lebih mudah diambil lawan.

Untuk ayam yang memiliki jengger blangkon ini kebanyakan tidak begitu mudah menyerah walaupun telah terluka dengan parah. Malah sering kali walaupun sudah tak berdaya, masih diam tak mau menyerah. Tentu saja sifat ayam yang begitu sangat bagus jika seimbang dengan tehnik dan pukulan yang istimewa.

Sifat lentur jengger ini lah yang menjadi acuan buat memilih Ayam laga untuk sabung ayam. Kebanyakan jengger yang lentur dan halus mempunyai keberanian yang besar. Selain itu juga si ayam tidak mudah terluka baik karena pukulan, patokan, ataupun jalu. Malah andai sempat berdarah, jengger yang mempunyai sifat lentur biasanya lebih cepat sembuh dibanding dengan jengger keras.

Sangat tidak sama dengan jengger tegak lurus bagian belakang dengan bagian jengger yang menempel ke kepala, normalnya mental mereka sangat tidak bagus. Kondisi ini cukup mengkhawatirkan ketika diadu dengan aym yang lainnya. Bisa aja pukulan tak telak, tapi sudah merasa kesakitan hingga membuatnya menyerah. Bentuk Ayam yang begini sangat mengecewakan pemiliknya.

Responses are currently closed, but you can trackback from your own site.

Comments are closed.

Ratubetting